Komikus Indonesia Ini Dulu Dukung Jokowi-Ahok, Sekarang Lebih Memilih Dukung Al-Maidah 51

Islamedia - Komikus Ardian Syaf ternyata pernah menyelipkan gambar Jokowi DKI 1 melalui karyanya pada komik Batgirl dari The New 52! bernomor 9: Night of The Owls, terbitan DC Comics, Mei 2012.

Gambar Jokowi DKI 1 merupakan dukungan politik Ardian kala itu terhadap pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Jokowi Ahok.

Kisah dalam komik tersebut menceritakan Batgirl, anak dari Komisaris Polisi James Gordon yang kemudian menjadi rekanan Batman memberantas kejahatan, digambarkan tengah bertarung melawan musuhnya di sudut Little Jakarta.

Setelah muncul kasus penistaan agama terkait Al-Maidah 51 pada oktober 2016, Ardian menyuarakan isi hatinya untuk lebih membela Al-Qur'an. Bahkan Ardian juga sempat ikut menghadiri Aksi Bela Islam 2 Desember 2016 atau yang lebih dikenal dengan nama Aksi 212.

Tak hanya ikut Aksi 212, Ardian juga menyuarakan isi hatinya kedalam komik hasil karyanya. Kali ini Ardian menyelipkan pesan 212 dan QS:5:51 dalam komik X-Men Gold #1.(baca: Dukung Aksi 212, Komikus Ini Selipkan Pesan 212 di X-Men Gold).


Karakter Kitty Pryde yang tengah menghadapi kerumunan massa. Kitty diceritakan sedang memperkenalkan kepada orang-orang bahwa dirinya adalah pemimpin baru X-Men.

Di dekat Kitty terdapat sebuah gambar gedung bertuliskan angka 212. Kitty Pryde digambarkan sebagai salah satu pahlawan dari Yahudi dalam daftar karakter komik Marvel.

Selain itu pada gambar lain, Ardian menampilkan karakter Colossus yang mengenakan kaus putih bertuliskan "QS 5:51". Colossus tampak sedang bermain baseball bersama Nightcrawler.

Aksi 212 menurut Ardian memberikan kesan tersendiri. Ardian mengungkapkan alasannya kemudian memasukkan simbol tersebut saat menggambar komik X-Men. "212 bener-bener momen yang berkesan bagi saya. Jadi saya masukkan ke situ," papar Ardian.(baca: Inilah Alasan Komikus Ardian Syaf Gambar Simbol 212 di Komik X-Men). [islamedia].